MUSYAWARAH DESA (MUSDES) PEMBAHASAN DAN PENYEPAKATAN DRAFT USULAN / RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDESA) DESA KUTOHARJO KECAMATAN PATI TAHUN ANGGARAN 2023

  • Jan 01, 2023
  • KUTOHARJO-PATI
  • BERITA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN, DESA ANTI KORUPSI, PRODUK HUKUM

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Camat Pati Nomor : 140 / 1358 Tanggal 7 Desember 2022 tentang Percepatan Penyusunan dan Penetapan Peraturan Desa Tentang APBDesa Tahun Anggaran 2023, maka Pemerintah Desa Kutoharjo bersama dengan BPD pada hari Selasa tanggal 13 Desember 2023 melaksanakan musyawarah Desa (Musdes) guna pembahasan dan penetapan Draft Usulan / Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Kutoharjo Tahun Anggaran 2023. Musdes ini dihadiri oleh Perangkat Desa, BPD dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Pati selaku Pembina dan Nara Sumber.

   

Dalam musdes ini dilakukan pembahasan tentang perencanaan pengelolaan keuangan desa yang memuat tentang perencanaan Penerimaan / Pendapatan Desa dan Pengeluaran / Belanja Pemerintah Desa. Yang mana dalam penyusunan Perencanaan APBDesa ini Desa harus berpedoman pada :

  1. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengdelolaan Desa.
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Keuangan dan Aset Desa.
  3. Peraturan Bupati Pati Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pengdelolaan Keuangan Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Pati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pengdelolaan Keuangan Desa.

Musyawarah Desa (Musdes) ini diakhiri dengan kesepakatan BPD untuk menyetujui Draft Usulan / Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Kutoharjo Tahun Anggaran 2023 yang dituangkan dalam Berita Acara Musyawarah BPD.

Dalam Berita Acara Musyawarah BPD tersebut, disamping BPD menyetujui Draft Usulan / Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Kutoharjo Tahun Anggaran 2023 juga rekomendasi BPD agar Pemerintah Desa Kutoharjo segera mengajukan Permohonan Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Kutoharjo Tahun Anggaran 2023 kepada Camat Pati. (Cck Red)